Kali ini kami dari autoryanrzra sengaja akan membahas lagi
mengenai pentingnya
kelistrikan mobil serta tips ringan cara
menganalisanya untuk bisa kita cek dan atasi sendiri agar tidak mengganggu
kinerja mobil tua kita.
Beberapa komponen yang berhubungan
dengan kelistrikan mobil secara umum memang tidak bisa diperbaiki karena itu
untuk pecinta mobil klasik antik perlu antisipasi dengan cara kita harus
mengetahui umur komponen-komponen kelistrikan mobil tua kita sehingga kita
lebih siap untuk menggantinya sebelum beberapa permasalahan datang.
Komponen
sumber kelistrikan utama pada mobil antara lain:
AKI MOBIL
Komponen kelistrikan yang pertama dan
utama adalah aki, secara umum umur aki mobil bila kita melakukan perawatan dengan
baik bisa sampai 3 tahunan.
Akan tetapi terkadang umur aki mobil
kita hanya bertahan cuma 1 tahunan saja ini dikarenakan beberapa faktor
perawatan aki yang kurang baik sehingga umur aki mobil kita pendek.
Beberapa
faktor yang menyebabkan umur aki mobil kita pendek yaitu :
1.
Mobil sering parkir di bawah terik
matahari yang panas. Suhu yang panas akan membuat cairan elektrolit di dalam
aki cepat menguap sehingga mengurangi daya aki itu sendiri.
2.
Mobil sering ditinggal dalam waktu yang
lama tanpa melakukan pemanasan mesin. Pemanasan mesin diperlukan selain untuk
mengisi aki kembali atau recharge juga untuk mensirkulasi oli di dalam mesin.
3.
Pemasangan aksesoris tidak standar pada
mobil seperti head lamp dan audio dengan daya yang besar.
Aki yang bagus memiliki tegangan 12,6
volt sehingga jika kurang dari 12 volt berarti ada kerusakan yang membuat aki
tidak mampu menyimpan tegangan listrik secara maksimal. Oleh karena itu, sangat
penting untuk menjaga air aki berada pada batas minimal dan batas atas. Bawalah
cadangan air aki yang berwarna merah untuk kondisi mesin yang panas dan air
warna putih untuk kondisi mesin dingin.
PLATINA atau CDI
Platina erat sekali berhubungan dengan
sistem pengapian pada kendaraan dan memerlukan pergantian setiap 10.000 km.
Cara mengetahui kondisi platina masih layak pakai atau sudah tidak bisa dipakai
dapat dilihat secara kasat mata. Jika kondisi kontak poin masih tebal, artinya
tidak perlu diganti.
Cukup dibersihkan memakai amplas tipis
hingga rata dan bersih agar kontak poinnya permukaannya rata kembali. Penyebab
gosongnya platina karena umur pemakaian atau loncatan bunga api yang terlalu
besar misalnya bila memakai koil yang berdaya tinggi atau koil racing. Maka
dari itu sesuaikan penggunaan komponen kelistrikan mobil tua anda dengan
kondisi standar saja bila memang tidak ada modifikasi yang dibutuhkan.
Pada prinsipnya CDI memanfaatkan sebuah sensor
yang akan aktif apabila di trigger atau di pantik oleh sesusatu, dalam hal ini
sensor akan aktif oleh dadu yang ada di tengah delko kita (kalau menggunakan
cdi rakitan seperti punya saya menggunakan system pulser). Salah satu jenis
sensor yang sering digunakan adalah sensor Hall/Sensor Camshaft. Sensor hall/Sensor Camshaft memanfaatkan efek hall yaitu lapisan
tipis semikonduktor yang diberi arus listrik (vs) akan menghasilkan beda
potensial (vout) akibat terjadi perubahan medan magnet secara tegak lurus.
Tanda-tanda
CDI mobil anda akan mengalami kerusakan adalah sbb :
1.
Gejala awal pada waktu kendaraan berada
dalam kecepatan agak tinggi dan kecepatan konstan, terasa ada sedikit “ndut-ndutan”atau
“nyendal-nyendal”, kejadian ini tidak menimbulkan mesin mobil mati, kejadian ini akan
berlangsung agak lama (gejalanya hampir mirip dengan mesin mobil
kekurangan suply bahan bakar ROTAX/MEMBRAN/FUEL PUMP/POMPA BENSIN bermasalah)
2.
Pada waktu kendaraan berada dalam
kecepatan agak tinggi, mesin mobil tiba-tiba mati, kendaraan
bisa langsung di starter kembali dan kita bisa melanjutkan perjalanan, cuma
kurang lebih 3- 5 km mesin mobil mati lagi dan begitu seterusnya.
3.
Tahap terakhir mesin mobil tidak bisa
distarter lagi /CDI rusak, tandanya mirip dengan bensin habis.
Berikut informasi dari autoryanrzra yang dapat disampaikan
Tunggu Part ke 2nya ya guys...
Tunggu Part ke 2nya ya guys...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar